Sabtu, 31 Oktober 2009

TIPS MENGELOLA JASA MENJAHIT

''SUKSES'' !!!
adalah kata yang sangat diidamkan setiap orang tidak terkecuali bagi seorang penjahit.
Apa arti sukses bagi seorang penjahit?
apa karna banyak order? banyak pelanggan?
jawabnya ya.Hanya itu saja? tentu tidak.
Pelanggan ada 2 kategori, pelanggan tetap dan pelanggan tidak tetap. Dari pelanggan anda mana yang paling banyak?
Jika pelanggan anda lebih banyak yang tetap artinya pelanggan anda order secara kontinu anda bisa dikatakan sukses, tetapi jika yang terjadi sebaliknya artinya pelanggan hanya coba-coba membeli jasa anda dan tidak kembali lagi, anda harus introspeksi.
Ada yang salah? ya kata kepuasan pelanggan yang belum anda berikan.

Ada beberapa tips untuk mengungkap kepuasan pelanggan:

  1. Kenyamanan dan kerapiam pakaian yang dipesan. Kenyamanan dipakai adalah prioritas utama,meskipun jahitan rapi tapi kurang pas dipakai pasti dikeluhkan pelanggan terutama wanita, kurang sedikit aja ,kurang 1 cm pun dikomplain.
  2. Pelayanan yang memuaskan. Layanilan pelanggan seramah dan senyaman mungkin.Pakailah pakaian yang serapi mungkin sehingga pelanggan mengagumi pakaian anda dan tertarik untuk membeli jasa anda.
  3. Tepatilah janji anda,banyak penjahit yang kurang memperhatikan ketepatan waktu yang dijanjikan. Ada beberapa hal yang sering diabaikan penjahit yang menyebabkan keterlambatan waktu.untuk menghindari tersebut ada beberapa langkah yang harus dilakukan:
  • Catat tanggal masuk dan tanggal diambil pada buku ukuran
  • Berilah keterangan pada kain nama, ukuran, model,tanggal masuk dan tanggal diambil
  • Potong dan jahit secara berurutan sesuai tanggal diambil, jangan memotong kain yang baru datang.
bagi yang setuju silakan lakukan tips tersebut dan bagi yang tidak setuju mohon saran, kritik dan masukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar